• Subscribe ()
  • Welcome To My Blog

    A blog by Blog Trik dan Tips

    Enter The Blog
    selamat datang di blog saya
    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Minggu, 24 Februari 2013

    pencak silat



     Indonesia Kembali Ukir Prestasi



    Pencak Silat: Indonesia Kembali Ukir Prestasi 


    Bola.net - Tim pencak silat Indonesia kembali mengukir prestasi dengan menjadi pengumpul medali emas terbanyak pada SEA Games XXVI yang digelar di Padepokan Pencak Silat Indonesia Jakarta.

    Dengan perolehan sembilan medali emas, lima perak, dan dua perunggu dengan total 16 medali diharapkan mampu mengembalikan kejayaan olahraga pencak silat Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

    Sebelumnya Pada SEA Games dua tahun lalu di Laos, tim Indonesia dalam cabang olahraga itu hanya mampu meraih dua medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu, dengan total delapan medali.

    Manajer tim pencak silat Indonesia Edhy Prabowo mengatakan perolehan medali emas pada SEA Games sudah melampaui target diharapkan pemerintah.

    "Sebenarnya target untuk mendapatkan medali emas cabang olahraga ini dari pemerintah adalah sebanyak lima keping. Tetapi berkat kerja keras dari timnas dan para atlet tersebut, sehingga harapan dari kita semua dapat terwujud untuk mendapatkan perolehan medali tersebut," katanya.

    Namun di sisi lain, kata dia, pihaknya merasa belum puas dengan hasil ini karena semua yang berlaga ini dipersiapkan untuk mendapatkan medali emas.

    "Bahkan harapan kami untuk bisa menyapu bersih medali emas yang dipertandingkan sebanyak 18 keping," kata Edhy Prabowo yang juga anggota Komisi VI DPR-RI itu.

    Ia mengatakan walau belum bisa memenuhi semua harapan tersebut, pihaknya merasa bersyukur bisa mendapatkan prestasi yang gemilang dan menjadi juara umum pada cabang olahraga bela diri pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara dua tahunan itu.

    "Kami syukuri apa yang kami dapat. Semua atlet sudah berjuang keras untuk meraih prestasi membela tim Merah Putih. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan para atlet, karena berbulan-bulan mereka meninggalkan pekerjaan dan jauh dari keluarganya demi melakukan pemusatan latihan nasional demi memperkuat Timnas Indonesia," katanya.

    Menyinggung para atletnya bertanding, dia mengatakan bahwa mereka sudah sekuat tenaga bertanding demi kejayaan bangsa.

    "Mereka sudah fokus untuk bertanding, namun ada beberapa hal yang kita tidak duga dan itu bukan semua kesalahan dari atlet. Contohnya, pada waktu babak penyisihan atlet kita ada yang cedera, keseleo maupun hidungnya sampai berdarah. Namun mereka terus berjuang," ujarnya.

    Dia mengatakan pada laga kategori seni, atlet Indonesia semua bisa menyapu bersih emas yang dipertandingkan. Namun pada pertandingan tarung sejumlah atlet seperti Tuti Trisnayanti pada kelas C putri yang diharapkan mendapat emas ternyata hanya bisa meraih perak.

    Begitu juga Atlet putri di kelas D, Mariati yang diharapkan bisa menyumbang medali emas juga kandas, hanya mendapatkan medali perak.

    "Sedangkan atlet andalan Sapto Purnomo di kelas D putra dan Pranoto di kelas I hanya bisa meraih medali perak," kata Edhy Prabowo.

    Ia juga berharap kepada pemerintah untuk ke depannya membina atlet Indonesia, sehingga bisa lebih baik dan meningkatkan prestasi olahraga nasional.

    "Selama ini dukungan pemerintah sudah cukup baik, tetapi ke depannya agar terus ditingkatkan pembinaan kepada atlet. Dan yang terpenting menganggarkan dana yang lebih untuk olahraga, sehingga dalam latihan tidak setengah hati," katanya.

    Dengan demikian, menurut dia, para atlet yang ingin mendapat ilmu dari luar negeri, sehingga mereka harus siap berlatih juga ke negeri tersebut yang lebih menguasai teknik-teknik pertandingan.

    "Kami perlu latihan intensif di dalam negeri juga ke luar negeri. Tetapi kalau berlatih di dalam negeri dari segi fasilitas kita masih jauh ketinggalan. Ada padepokan Pencak silat, tapi fasilitasnya belum mendukung dan berstandar internasional," ujarnya.

    Idealnya untuk padepokan silat, kata dia, harus fasilitas lengkap peralatannya, seperti matras harus tidak dipindahkan, memiliki ruang fitness, dalan fasilitas lainnya yang memadai.

    "Selama ini kami dalam melakukan pelatnas untuk mendapatkan fasilitas, di antaranya 'track jogging', kolam renang, kami harus mencari tempat di luar padepokan ini," kata Edhy Prabowo.

    Persahabatan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Soebianto mengatakan bahwa dalam laga pertandingan cabang olahraga pencak silat negara-negara Asia Tenggara ini untuk menjunjung tinggi persahabatan dan sportivitas.

    "Kami harapkan semua altet penuh kejujuran dan etikad untuk meraih prestasi yang setinggi-tingginya," kata Prabowo.

    Ia mengatakan dengan semangat tersebut, pihaknya berkeyakinan di masing-masing negara peserta akan terwujud persahabatan, khususnya dalam bidang olahraga.

    "Karena dengan olahraga kita bersatu dalam kawasan negara-negara Asia Tenggara," katanya.

    Ia juga mengatakan bahwa kontingen Indonesia khususnya cabang pencak silat mengusung target juara umum pada SEA Games 2011.

    "Sebagai tuan rumah saya kira tidak ada pilihan lain kita harus juara umum, apalagi di negara sendiri," katanya.

    Dikatakan, sebagai cabang olahraga budaya Indonesia. Pencak silat harus menjadi yang terbaik diberbagai kegiatan, termasuk di SEA Games ini.

    Prabowo Soebianto mengatakan bahwa untuk menjadi juara umum pada SEA Games tahun ini, pihaknya menargetkan meraih medali minimal 10 medali emas.

    "Para atlet kini sudah siap bertanding, setelah menjalani latihan baik di dalam dan luar negeri," katanya.

    Melihat pengalaman di SEA Games di Laos, kata dia, berharap tim Merah Putih yang berjaya, terlebih Indonesia menjadi tuan rumah.

    Dikatakan, para atlet telah digembleng selama lebih dari satu tahun dan mereka telah menjalani pemusatan latihan di Shanghai China selama tiga bulan dan juga mengikuti kejuaraan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

    Kini pada SEA Games XXVI, tim pencak silat Indonesia bisa menjadi pengumpul medali emas terbanyak dan prestasi itu bisa menjadi awal yang baik untuk mengembalikan kejayaan tim Merah Putih dalam cabang olahraga asli Indonesia itu. (ant/rev)

    http://www.bola.net/seagames2011/pencak-silat-indonesia-kembali-ukir-prestasi-f5b755.html

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar